Wenda Aluwi Ketua DPC AAI Bandung

Jakarta, innews.co.id – Kesempatan yang diberikan padanya oleh Muhammad Ismak Ketua Umum DPP Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) yang kembali maju pada pencalonan Ketum AAI periode 2020-2021, merupakan bentuk regenerasi yang sukses terjadi di tubuh AAI.

“Awalnya, saya dan teman-teman mendukung Dr. Efran Helmi Juni (Sekjend AAI) untuk maju kontestasi. Namun ditengah perjalanan, dia menyatakan mundur. Lalu, Bapak Ismak memutuskan maju kembali dan mengajak saya mendampinginya sebagai Sekjend. Saya melakukan self assesment untuk bercermin dan mengukur kemampuan,” ujar Wenda Aluwi blak-blakan kepada innews, Minggu (25/4/2021).

Setelah berdiskusi dengan sejumlah senior, akhirnya dirinya memantapkan diri menerima tawaran tersebut, berpaket dengan Ismak (Caketum) dan Ranto Simanjuntak (Cawaketum).

Paket IRW (ki-ka) Isma, Wenda, dan Ranto

“Saya menyambut baik keinginan Pak Ismak, sebagai bukti keseriusan dan komitmen beliau terhadap regenerasi,” tutur Wenda.

Keterlibatan Wenda di AAI terbilang cukup lama. Mulai bergabunh sebagai anggota biasa pada 2001. Lalu dalam 15 tahun terakhir, dirinya aktif sebagai pengurus di DPC maupun DPP AAI. “Saya meyakini peran organisasi besar dalam menambah wawasan dan meningkatkan kapasitas diri,” akunya.

Seiring waktu, sambungnya, berada dalam kepengurusan, Wenda merasa ada bagian dari dirinya yang juga harus berbuat, mengabdi untuk organisasi yang dicintainya ini.

Diakuinya, sejak disumpah sebagai advokat, ia nyaman berada di tengah-tengah keluarga besar AAI. “15 tahun terakhir saya terlibat sebagai pengurus di DPC AAI Bandung dan DPP. Dan sejak 2018, saya mengabdikan diri sebagai Ketua DPC AAI Bandung bersama-sama dengan banyak pengurus yang 80% adalah anak muda. Saya meyakini telah berhasil menjadikan DPC AAI Bandung sebagai salah satu dari begitu banyak DPC-DPC AAI yang bersinar,” imbuhnya.

Kini, Wenda yang tergabung dalam IRW (Ismak, Ranto, dan Wenda) dengan tagline United to Revive ini bakal ‘bertarung’ di Munas AAI yang rencananya akan diadakan di Bandung, Juni 2021 ini. Sejauh ini pihaknya akan berhadapan dengan pasangan PHD (Palmer Situmorang, Efran Helmi Juni, dan Hendri Donal) yang juga telah mendeklarasikan paketnya. (RN)