Acara donor darah PB PDDI kerja sama dengan sejumlah lembaga

Jakarta, innews.co.id – A good action never gets wasted. Whenever you donate blood, you always end up saving someone (Tindakan yang baik tidak akan pernah sia-sia. Setiap kali Anda mendonorkan darah, Anda selalu berakhir dengan menyelamatkan seseorang).

Ini bukan sekadar ungkapan, namun sebuah realita sebagai pengejawantahan rasa kemanusiaan dalam membantu sesama. Seperti yang dilakukan Perhimpunan

Acara donor darah menopang kebutuhan darah di Indonesia

Donor Darah Indonesia (PB PDDI) dalam rangka Hari Donor Darah se-Dunia (World Blood Donor Day) 2022, dengan menggelar donor darah di Markas Besar PMI DKI Jakarta, Sabtu (18/6/2022).

Hadir pada acara tersebut Komjen Pol (Purn) Adang Darajatun Ketua Umum PB PDDI periode 2022 – 2027. “Acara donor darah ini merupakan program pertama PB PDDI dalam rangka peringatan Hari Donor Darah se-Dunia tahun 2022 dengan tema yang ditetapkan oleh WHO, “Donating Blood is an act of solidarity, joint the effort and save lives”. Kami bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta, Ikatan Alumni Boedeot (Ika Boedoet), dan Ikatan Pengusaha Muda Indonesia,” kata Adang dalam keterangannya yang diterima innews, Sabtu (18/6/2022).

Dia menjelaskan, menurut data WHO, kebutuhan darah di Tanah Air sekitar 5,4 juta kantong. “Idealnya, jumlah kebutuhan darah adalah 2% dari populasi penduduk di suatu negara,” terang Adang.

Para peserta donor darah

Untuk itu, PB PDDI juga sejumlah lembaga, mula dari Ika Boedoet para pengusaha muda yang bergabung dalam Ikatan Pengusaha Muda Indonesia (IPMI).

Tampak hadir Ketum IPMI Anto Jangkar bersama para pengurusnya dan Rustam Ketua PMI DKI Jakarta. “Kami sangat mendukung aksi donor darah ini sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial untuk menolong sesama,” ujar Anto.

Dia menambahkan, sangat mendukung kegiatan kemanusiaan nan mulia ini serta memberi apresiasi tertinggi untuk seluruh peserta dan tim yang terlibat dalam kegiatan donor darah ini.

“Utamanya kita harus menjaga stok darah untuk masyarakat yang memerlukan. Sehingga saat masyarakat butuh, ketersediaan darah tercukupi,” ujar ketua PMI DKI Jakarta.

Dia menjelaskan, PDDI sebagai mitra kerja PMI juga berperan sebagai public relation dalam program donor darah yaitu, membantu PMI untuk mengajak segenap elemen anak bangsa agar ikut aktif mendonorkan darahnya.

Acara ini juga dihadiri juga oleh para Alumni Sekolah Boedoet, Korps Brimob, anggota IPMI, dan Warga sekitar Salemba. “Kami menyampaikan terima kasih kepada insan pers, Korps Brimob, Ika Boedoet, dan IPMI,” tukas Adang. (RN)