Aktif Bantu Tangani Bencana, Iluni UI Diberi Penghargaan

Andre Rahadian, Ketua Umum ILUNI UI dan Ketua Tim Koordinator Relawan Satgas Covid-19

Jakarta, innews.co.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan penghargaan terhadap Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) sebagai bagian dari unsur masyarakat dalam sistem pentahelix atas intensitas, konsistensi, dan inovasi dalam penanggulangan bencana, pada penutupan Rapat Koordinasi Nasional BNPB 2021, Rabu (10/3/2021).

Penghargaan diterima langsung oleh Ketua Umum Iluni UI Andre Rahadian yang juga Ketua Tim Koordinator Relawan Satgas Covid-19 dari Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo. Tahun lalu, Iluni UI juga mendapat penghargaam serupa.

“Penghargaan tersebut merupakan wujud komitmen dan upaya aktif Iluni UI dalam membantu pemerintah, para pemangku kepentingan, dan masyarakat luas dalam bidang penanganan dan penanggulangan bencana. Semoga ditengah krisis pandemi seperti sekarang, semangat untuk membantu sesama terus berkibar. Agar bersama-sama kita bisa ringankan beban negeri ini dari segala musibah dan bencana yang melanda,” kata Andre, Kamis (11/3/2021).

Menurutnya, berbagai komitmen dan kerja Iluni UI untuk kemanusiaan telah dilakukan sepanjang kepengurusannya. Salah satunya aktif pada penanggulangan bencana banjir yang melanda DKI Jakarta, Banten, Bekasi, Bogor, dan sekitarnya pada awal 2020. Selain itu, Iluni UI juga berpartisipasi aktif dalam penanganan Covid-19 sejak dini, sebelum ditemukan kasus 1 dan 2.

Pihaknya, melalui Iluni UI Tanggap Covid-19 pun telah memberikan berbagai bantuan seperti penyediaan hand sanitizer dan disinfektan, serta bantuan logistik serta konsumsi untuk mahasiswa dan masyarakat. Iluni UI juga aktif memberikan edukasi terkait Covid-19 melalui berbagai diskusi, serta rekomendasi dari para pakar dalam bentuk kertas kerja.

Tenaga kesehatan dan fasilitas masyarakat juga menjadi sasaran bantuan dengan penyediaan alat pelindung diri (APD), serta bantuan logistik dan konsumsi untuk nakes. “Upaya aktif ini terus dilakukan dengan menggandeng Iluni Fakultas, Wilayah, Chapter, dan juga pemangku kepentingan serta masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Koordinator Iluni UI Peduli sekaligus Koordinator Iluni UI Tanggap Covid-19 Endang Mariani, mengatakan, penghargaan yang diterima oleh Iluni UI merupakan bentuk apresiasi untuk para relawan. Apalagi ditengah situasi pandemi, upaya relawan untuk tetap terjun ke lapangan untuk membantu masyarakat bukan hal yang mudah. (IN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan