Marullah Mataliti

Jakarta, innews.co.id – Dari tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, akhirnya Presiden Joko Widodo memilih Marullah Mataliti, Wali Kota Jakarta Selatan.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, membenarkan hal tersebut, Kamis (14/1/2021). Kabarnya, Surat Keputusan (SK) Presiden tentang pengangkatan Marullah Mataliti menjadi Sekda DKI sudah dikirimkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

Marullah akan menduduki posisi yang sebelumnya diduduki Saefullah. Almarhum Saefullah meninggal dunia karena terkonfirmasi positif Covid-19.

“Iya, SK (presiden) sudah dikirimkan ke Pemda DKI,” kata Heru Budi Hartono.

Heru menambahkan, untuk pelantikan Marullah sendiri, menjadi kewenangan Gubernur DKI Jakarta.

Heru mengaku, belum tahu jelas kapan akan dilantik. “Kapannya, saya belum tahu. Tapi dengar-dengar besok Jumat (pelantikannya),” terangnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI telah mengirimkan tiga kandidat Sekda DKI yang telah lolos tahap akhir seleksi kepada Presiden Jokowi. Ketiganya adalah, Asisten Sekda DKI bidang Perekonomian dan Keuangan yang juga merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Sekda DKI Sri Haryati, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Mataliti dan Wali Kota Jakarta Utara Sigit Widjatmoko. (RN)