Aklamasi, Bambang Hendarso Danuri Kembali Pimpin Persatuan Purnawirawan Polri

Jenderal Polisi (Purn) Bambang Hendarso Danuri secara aklamasi terpilih kembali memimpin Persatuan Purnawirawan (PP) Polri periode 2021-2026 dalam Musyawarah Nasional V Persatuan Purnawirawan (PP) Polri di Gedung Tribrata, Jakarta, 28-29 Januari 2021

Jakarta, innews.co.id – Torehan tinta emas yang dilakukan Jenderal Polisi (Purn) Bambang Hendarso Danuri selama memimpin Persatuan Purnawirawan (PP) Polri periode 2016-2021, membuat dirinya secara aklamasi terpilih kembali untuk kali kedua sebagai Ketua Umum PP Polri periode 2021-2026 dalam Musyawarah Nasional V Persatuan Purnawirawan (PP) Polri di Gedung Tribrata, Jakarta, 28-29 Januari 2021.

Dalam Munas V yang dihadiri langsung oleh 19 DPD PP Polri dari 31 Perwakilan Pengurus Daerah, sementara 14 DPD lainnya mengikuti Munas secara virtual, pria yang akrab disapa Jenderal BHD ini memaparkan hasil kerjanya selama lima tahun.

Salah satu karya fenomenal PP Polri dibawah kepemimpinan BHD adalah berdirinya Gedung Tribrata yang megah di bilangan Jakarta Selatan. Gedung ini selain berfungsi sebagai Kantor Pusat PP Polri, juga terdapat komplek perhotelan dan gedung pertemuan. Dengan fasilitas yang lengkap, hotel di lingkungan Gedung Tribrata ini sudah setaraf hotel bintang lima. 

Untuk memperkuat organisasi, selain menyelesaikan berbagai aspek hukum kelembagaan, pengurus PP Polri di bawah BHD juga mengusahakan baju seragam untuk anggota di seluruh daerah serta KTA dengan bekerjasama dengan Bank Mandiri.

“Kami bekerjasama dengan Sritex dan dengan Bank Mandiri. Saat ini sudah ada 6.000 KTA yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan sehari-hari. Ke depan, kita akan terus memperbanyak KTA ini,” jelas BHD. Untuk mengembangkan lembaga usaha dan sumber daya manusia untuk memperkuat kegiatan PP Polri, kepengurusan BHD mendirikan lembaga sertifikasi security (LSP-PP) dan perusahaan penyedia atau konsultan keamanan (PT. TSSI).

Keluarga Besar PP Polri juga mendirikan dan mengembangkan Koperasi Tetap Setia Bhayangkara (Kotesebha). 

Sebagai salah satu wujud komitmen PP Polri dalam mendukung tugas pokok, fungsi, peran, serta wewenang Polri ialah menyusun Grand Strategy 2020 2045 yang berisi konsepsi visi, pemikiran, dan strategi memajukan dan menegakkan institusi Polri dalam perjalanan menuju usia emas tahun 2045. Grand Strategy itu, kata Bambang, sudah diserahkan saat Jenderal Polisi Tito Karnavian masih menjabat Kapolri yang juga Pembina PP Polri.

“Itu salah satu wujud nyata PP Polri tetap setia menjaga marwah dan institusi Polri. Sekali Bhayangkara, tetap Bhayangkara yang melindungi dan menjaga Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI,” tutur Jenderal BHD.

Munas kali ini mengusung tema “Melalui Musyawarah Nasional V PP Polri Tahun 2021, Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan Polri, Komitmen dan Konsisten Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Anggota Serta Menjaga Tetap Tegaknya Institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia”.

Persidangan dama Munas ini dipimpin oleh Irjen Pol (Purn) Soenarko didampingi Irjen Pol (Purn) Edward Aritonang serta perwakilan Ketua PP Polri Sumatera Utara dan Kalimantan Selatan. Empat target sasaran Munas 2021 ialah pertanggung jawaban Ketum PP Polri periode 2016-2021, penyempurnaan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga PP Polri, penyempurnaan program umum PP Polri 2016-2021, serta pemilihan dan penetapan Ketum PP Polri 2021-2026. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan