Bantah Serang Sesama Advokat, Ismak: Jangan Asal Keluarkan Pernyataan

Muhammad Ismak, Kuasa Hukum ANS Kosasih

Jakarta, innews.co.id – Menanggapi pemberitaan terkait dirinya di innews berjudul “Johnson Panjaitan Tegur Ismak: Stop ‘Menyerang’ Advokat“, Muhammad Ismak angkat bicara.

“Saya menjalankan tugas sebagai advokat, bersikap profesional saja. Dan saya tahu, sesama advokat (harus) saling menghargai, menghormati, bekerja berdasarkan etika, dan pedoman perilaku yang didasari dengan itikad baik. Itulah landasan kita bekerja,” kata Ismak, Kuasa Hukum ANS Kosasih, kepada innews, di Jakarta, Sabtu (2/8/2023).

Dia enggan menanggapi pernyataan Johnson Panjaitan, Ketua Komisi Pengawas Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Advokat Indonesia (DPP AAI) Officium Nobile. “Saya tidak akan menanggapi komentar dari rekan Johnson. Saya tidak ada urusan dengan yang bersangkutan,” seru Ketua Umum DPP AAI periode 2015-2020 ini.

Ismak mengaku tidak mengerti di sisi mana dikatakan “menyerang sesama advokat”. “Dalam rangka saling menghargai dan menghormati, untuk itu kiranya jangan asal mengeluarkan pernyataan atas sesuatu yang tidak dipahaminya. Dan saya tegaskan kepada pihak-pihak yang tidak berhubungan dengan perkara tersebut untuk tidak membuat pernyataan asal-asalan,” ujarnya mengingatkan.

Dia menambahkan, “Sebaiknya seperti yang Saudara Johnson sampaikan agar advokat saling menghormati, maka mari kita saling menghormati dalam bekerja. “Ini bukan perkara pribadi saya dengan sesama advokat,” tegasnya.

Ditanya soal kesediaan ANS Kosasih, klien Ismak, memenuhi panggilan Komwas DPP AAI Officium Nobile, Ismak enggan menjawab. Dia hanya berujar, “Saya Ketua Komwas AAI”.

Pada pemberitaan sebelumnya, Johnson Panjaitan menyebut, ada dugaan Ismak telah menyerang Kamaruddin melalui statement-statement nya yang ada di sejumlah media.

Bahkan Johnson mengatakan, sebagai lawyer harusnya berprinsip, ‘Tak gentar membela kebenaran dan keadilan dengan menjunjung etika profesi’, bukan ‘Maju tak gentar membela yang bayar’. Dirinya mengingatkan, jangan sampai juga advokat merendahkan martabatnya sendiri. “Saya berharap itu tidak terjadi,” kata Johnson, usai memeriksa Kamaruddin Simanjuntak, di DPP AAI, Kuningan, Jakarta, Jum’at (1/9/2023) kemarin. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan