Kemampuan peserta didik diuji di ajang ini

Jakarta, innews.co.id – Guna mengasah kemampuan peserta didik dalam menguasai komputer, BPK Penabur Jakarta mengadakan K-12 Computer Science Education Fair 2021, 23-24 April mendatang. Ajang ini ternyata begitu diminati. Terbukti, hingga Maret 2021, sebanyak 1.211 peserta didik jenjang TK-SMA telah mendaftarkan diri. Tidak hanya dari Jabodetabek, tapi juga berasal dari Serang, Bandung, Purwokerto, Mojokerto, Semarang, Surabaya, Bali, Medan, Jambi, Padang, Kutai, dan Samarinda.

Ir. Antono Yuwono, Ketua BPK Penabur Jakarta

“Melalui ajang ini, kami berharap agar generasi penerus bangsa di masa depan menjadi pemain handal di bidang teknologi,” kata Ir. Antono Yuwono, Ketua BPK Penabur Jakarta, dalam siaran persnya yang diterima innews, Jumat (23/4/2021).

Selain itu, lanjutnya, acara yang diadakan BPK Penabur Jakarta bersama Coding Bee Academy ini juga sebagai bentuk dukungan pihak sekolah terhadap peserta didik guna meningkatkan kemampuan computational thinking.

BPK Penabur Jakarta mengasah kemampuan peserta didik

K-12 Computer Science Education Fair 2021, merupakan ajang perlombaan bagi peserta didik serta edukasi kepada orangtua, guna mengembangkan pengetahuan serta kemampuan
computer science kedepannya. Ada tiga rangkaian kegiatan besar yakni, Penabur Kids Fest “Indonesian Little Transformers”: ‘Lomba Proyek Anak Pembelajaran Abad 21 Tingkat KB, TK A, dan TK B’; Code Olympiad “New Normal Life”; dan Talk Show: “Let’s Transform Children’s Future!”. Acara ini juga akan disiarkan langsung dari YouTube Channel BPK Penabur Jakarta.

Peserta didik diajak berkreasi

Untuk level KB dan TK, peserta diminta mengumpulkan video sesuai tema yang dipilih. “Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan 4C yakni, Creativity, Critical Thinking, Collaboration, dan Communication para peserta didik. Tema-tema yang diangkat juga tema yang dekat dengan anak,” jelas Margarita Inuk, Kepala Jenjang TKK Penabur Jakarta.

Sementara untuk lomba Code Olympiad, para peserta yang masuk final akan menampilkan karya mereka dihadapan dewan juri pada 24 April nanti.

Anak dapat berkolaborasi dengan orangtua

Sebelumnya juga akan diadakan Talk Show yang menampilkan para pembicara, antara lain, Djajeng Baskoro, Widyaprada Ahli Utama dan Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah Kemdikbud RI, Leonardo Ortiz Villacorta, Vice President of International Partnership Code.org; Jake Bell, International Partenrships Manager Code.org; Adri Lazuardi, Ketua Umum Yayasan BPK Penabur; Antono Yuwono, Ketua BPK Penabur Jakarta; Kumalasari Onggobawono, Kepala Divisi Pendidikan BPK Penabur Jakarta; Catherine F. Alimsyah, Chief of Operation Officer Coding Bee Academy; dan Christian Fredy, Dosen Universitas Katolik Parahyangan. (RN)