Eddy Ganefo Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia

Jakarta, innews.co.id – Membangkitkan perekonomian bangsa akibat pandemi Covid-19, tentu harus melibatkan para pengusaha. Karenanya, para pengusaha sejatinya mendapat prioritas dalam vaksinasi yang telah digulirkan pemerintah sejak 13 Januari 2021 lalu.

Hal tersebut disampaikan Eddy Ganefo Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rabu (20/1/2021). “Perekonomian Indonesia luluh lantak diterjang pandemi Covid-19. Pun, para pengusaha merasakan dampak buruk. Dunia usaha di berbagai bidang mengalami penurunan, baik pendapatan maupun kinerja,” jelas Eddy.

Karenanya, dengan telah dimulainya vaksinasi Covid-19, menjadi angin segar, terutama bagi para pengusaha dengan harapan situasi akan segera normal kembali agar usaha dapat berjalan seperti sediakala.

“Saya berharap agar anggota Kadin, baik pengusaha besar maupun UMKM juga mendapat prioritas untuk dilakukan vaksinasi,” imbuhnya. Eddy menilai, UMKM merupakan pilar dari perekonomian Indonesia yang mempunyai kontribusi sangat besar pada penyediaan lapangan kerja.

Dirinya berharap, gerakan vaksinasi terus diperluas ke berbagai kalangan. “Dengan adanya vaksinasi diharapkan ekonomi akan bergerak lagi seperti semula,” ujarnya.

Diakuinya, masih banyak kalangan meragukan keberadaan vaksin. “Biasalah namanya baru pertama masih banyak yang tanda tanya masalah efektivitas dan keamanannya. Itu hal biasa,” ungkap Eddy lagi.

Demi memberi keyakinan kepada masyarakat, Presiden Joko Widodo bersedia disuntik pertama kali. Artinya, sambung Eddy, ada keyakinan bahwa vaksin aman. “Kita percayakan kepada ahlinya dan juga pemerintah. Sebab, apa yang diperbuat pemerintah tentu untuk kebaikan rakyat,” tukasnya.

Eddy juga meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. “Jangan abai menerapkan protokol pencegahan Covid-19, meskipun telah divaksin. Sebab, itu menjadi cara efektif mencegah penularan,” pungkasnya. (RN)