Jakarta, innews.co.id – Warga Jakarta Timur (Jaktim) menjadi pihak pertama yang mendapatkan bantuan sosial tunai (BST) di DKI Jakarta yang akan mulai didistribusikan pada Selasa, 12 Januari kemarin.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah, dalam keterangan tertulis, Rabu (13/1/2021). “Para penerima manfaat program BST tersebut mendapatkan bantuan sosial dalam bentuk dana tunai senilai Rp300 ribu per kepala keluarga,” terangnya.

Dijelaskannya, penerima bantuan sosial akan mendapatkan undangan maksimal H-1 sebelum distribusi. Undangan disampaikan oleh petugas wilayah yang ditunjuk.

Penerima perlu membawa tiga berkas saat pengambilan BST. Dokumen ini meliputi undangan distribusi, KTP asli dan salinannya, serta kartu keluarga (KK) asli maupun salinannya.

Secara keseluruhan, distribusi BST dilakukan di 814 sekolah pada enam wilayah kota/kabupaten administrasi. Sebanyak 160 sekolah digunakan setiap hari untuk penyaluran BST. 

BST diberikan selama empat bulan dari Januari hingga April 2021. BST berasal dari dua sumber. Pertama, dari Kementerian Sosial untuk 750 ribu kepala keluarga yang didistribusikan melalui PT Pos Indonesia (Persero).

Kedua, dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI Jakarta yang mencakup 1.055.216 kepala keluarga. Dana disalurkan melalui Bank DKI. Warga diminta memiliki tabungan dan kartu ATM Bank DKI. (RN)