Jalur kereta cepat direncanakan langsung ke TMII

Jakarta, innews.co.id – Para pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) nantinya akan dimanjakan dengan kehadiran transportasi cepat dari Fatmawati langsung ke TMII.

Hal itu dikatakan Direktur Utama PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta William Sabandar. “Kami sedang merencanakan pembangunan MRT Jakarta rute Fatmawati-TMII,” ujarnya dalam konferensi pers daring, Selasa (5/1/2021).

Ini merupakan bagian perencanaan pembangunan rute-rute lainnya guna menghadirkan moda transportasi massal yang cepat, aman, nyaman, dan sehat bagi warga Jakarta. Saat ini, PT MRT sendiri tengah merampungkan pembangunan MRT Jakarta Fase 2 Bundaran HI-Kota.

William menjelaskan, rute ini akan memiliki jarak tempuh 12 kilometer. Untuk pendanaan pembangunan, PT MRT Jakarta saat ini sedang berencana untuk meraih dari beberapa sumber seperti obligasi dan bekerja sama dengan pihak swasta.

“Untuk penerbitan obligasi tentunya MRT Jakarta akan didampingi oleh pemerintah serta konsultan swasta yang profesional. Kami juga melihat beberapa sumber lain seperti bekerja sama dengan pihak swasta,” jelasnya.

Jika tidak ada hambatan yang signifikan, proses disain akan selesai di tahun ini dan tahun depan konstruksi MRT Jakarta rute Fatmawati-TMII dapat dilaksanakan. “Ditargetkan rute Fatmawati-TMII selesai dan dapat beroperasi di 2027,” tukasnya. (RN)