Theater Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Jakarta, innews.co.id – Jumlah pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, mengalami penurunan drastis mencapai 50 persen lebih saat libur Imlek lalu. Dibanding tahun-tahun sebelumnya yang bisa mencapai 40 ribuan wisatawan, tahun ini ditaksir hanya sekitar 20-an ribu.

Hal tersebut dikatakan Adi Widodo Kepala Humas TMII kepada innews, Selasa (16/2/2021). “Para wisatawan kebanyakan berada di lokasi favorit seperti Tugu Api Pancasila. Juga mengunjungi Taman Burung, Sky World, Dunia Air Tawar, Anjungan Sumatera Barat, Kereta Gantung, dan Taman Legenda,” terang Adi.

Saat ini, lanjutnya, beberapa wahana tidak dioperasikan, seperti SnowBay. Demikian juga Istana Anak-Anak Indonesia masih direnovasi.

Meski pengunjung cukup banyak, pihak TMII tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Kami tetap menjalankan prokes secara optimal sesuai himbauan pemerintah. Melalui pusat informasi yang menjangkau seluruh area TMII, kami selalu dengungkan agar pengunjung tetap mematuhi 3 M,” terangnya.

Selain itu, secara rutin petugas juga berkeliling dan memberikan himbauan kepada pengunjung untuk selalu melaksanakan prokes secara disiplin. Pun di setiap wahana dan tempat strategis disediakan tempat cuci tangan.

Di masa pandemi ini, sambung Adi, salah satu kegiatan andalan TMII adalah pergelaran seni budaya yang dilaksanakan secara virtual. “Masyarakat tentunya sudah kangen untuk menyaksikan aneka seni daerah untuk mengobati rindu kampung halaman,” urainya.

Selain itu, juga dilakukan perbaikan trotoar bagi pejalan kaki agar memberikan kenyamanan pengunjung menikmati areal terbuka TMII.

“Tentu kita semua berharap kondisi ini segera pulih dan aktivitas dapat dilakukan seperti biasa,” pungkasnya. (RN)