Penampilan barongsai di Kelenteng Kong Miao, Taman Mini Indonesia Indah, sebelum pandemi Covid-19

Jakarta, innews.co.id – Tahun ini, ditengah deraan pandemi Covid-19 yang belum berujung, Liburan Perayaan Imlek 2572 Kongzili di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan diisi dengan rangkaian kesenian Tionghoa virtual.

Hal tersebut disampaikan Adi Widodo Kepala Bagian Humas TMII dalam keterangannya kepada innews, Minggu (7/2/2021). “Sesuai dengan himbauan pemerintah, TMII tidak mengagendakan kegiatan hiburan,” jelas Adi.

Meski demikian, TMII akan buka seperti biasa mulai Pukul 08.00 – 17.00 WIB. “Kegiatan seni budaya diadakan secara virtual dan dapat disaksikan melalui channel youtube TMII. Salah satunya tarian bernuansa kesenian Tionghoa dengan latar belakang Kelenteng Kong Miao di area TMII,” jelasnya.

Selain itu, sambung Adi, bekerja sama dengan Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, telah diambil gambar barongsai dan Tari Gambyong yang nantinya akan ditayangkan di youtube Badan Penghubung Jateng.

Liburan Imlek tahun ini pihaknya tidak menargetkan jumlah pengunjung yang datang. Sebagai perbandingan, pada liburan Imlek tahun lalu, TMII dikunjungi lebih dari 40 ribu wisatawan. “Untuk tahun ini kami tidak menargetkan apa-apa mengingat situasi dan kondisi pandemi ini,” urai Adi.

Para pengunjung pun, selain bisa membeli tiket secara online, juga bisa secara langsung di loket-loket pintu masuk, baik secara tunai maupun non tunai.

Selama berada di area TMII, Adi memastikan pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan dan menempatkan petugas-petugas untuk melakukan pengawasan. “Kami menyediakan tempat cuci tangan di sejumlah area strategis. Selain itu, petugas akan melakukan patroli dengan menggunakan mobil yang dilengkapi pengeras suara secara rutin untuk menghimbau dan mengingatkan pengunjung untuk mematuhi 3M,” paparnya.

Adi mengharapkan pandemi ini dapat segera teratasi dan masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa. (RN)