Olly Dondokambey Faktor Pemersatu Dominan Kader PDI-P di Sulut

Olly Dondokambey Gubernur Sulut sekaligus Bendum DPP PDI-P bersama Presiden Joko Widodo

Jakarta, innews.co.id – Sudah menjadi rahasia umum betapa solidnya kader dan simpatisan PDI-Perjuangan di Sulawesi Utara. Itu tak lepas dari sosok Olly Dondokambey yang dianggap sebagai pemersatu.

Tak heran, salah satu target basis yang akan membuat PDI-P mencetak hattrick dan memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI ke-8 pada Pilpres 2024 nanti adalah Sulut. Bahkan, diyakini Ganjar akan memperoleh kemenangan mutlak di daerah yang memiliki filosofi dalam bahasa Minahasa ‘Si Tou Timou Tumou Tou’, artinya: Manusia hidup untuk menghidupi mendidik menjadi berkat orang lain, tersebut.

“Sulut adalah basis PDI-P selama ini selain Jawa Tengah dan Bali. Mereka sangat dominan hingga mencapai lebih dari 66 persen,” ungkap peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad, di Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Diyakini, salah satu faktor pemersatu para kader dan simpatisan di Sulut adalah Olly Dondokambey Gubernur Sulut. “Gubernur Sulut sekarang memiliki pengaruh kuat kepada masyarakat untuk memilih PDI-P. Itu juga yang membuat kader dan simpatisan PDI-P di sana solid,” tuturnya.

Diakuinya, ada peningkatan jumlah kader. Itu tak lepas dari peran Olly Dondokambey. “Pasti ada korelasi kuat ya karena sosok Pak Olly selain sebagai tokoh di Sulut, juga Ketua DPD PDI-P Sulut, Bendahara Umum DPP PDI-P, dan Gubernur Sulut. Itu semua berkaitan,” paparnya.

Faktor lainnya, sambung Saidiman, lantaran tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo yang begitu tinggi. “Kombinasi ini yang membuat PDI-P makin kuat di daerah-daerah yang menjadi basis selama ini, termasuk Sulut,” serunya.

Diyakini, ketokohan Olly dan keberhasilan Jokowi akan menjadi pematik dukungan besar kepada Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 nanti.

Di sisi lain, Olly Dondokambey mengaku, keberhasilan tersebut merupakan hasil kerja keras pengurus dan kader serta simpatisan PDI-P di Sulut. “Selama ini seluruh kader, termasuk jajaran pengurus partai dari anak ranting sampai DPD, mengikuti instruksi partai,” ujarnya.

Termasuk dalam mendukung Ganjar Pranowo, Olly mengatakan, segenap jajaran struktural partai dari DPD, DPC, PAC hingga anak ranting di Sulut akan turun langsung ke tengah masyarakat, sesuai arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Dia menambahkan, PDI-P akan lebih memaksimalkan dan mengoptimalkan peran-peran kerakyatan. “Hasil survei di Sulut saat ini akan lebih dari itu, terlebih dalam rangka pemenangan Bung Ganjar Pranowo,” tukas Olly Dondokambey. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan