Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Pdt. Gomar Gultom meninjau langsung lokasi yang terkena longsor di Kupang, Kamis (15/4/2021)

Kupang, innews.co.id – Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Pdt. Gomar Gultom, mengunjungi lokasi bencana tanah tenggelam di Desa Tunbaun, Kampung Nefo Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (15/4/2021).

Gomar melihat langsung lokasi longsor serta beberapa lokasi patahan tanah yang mengancam keselamatan masyarakat. Dalam kunjungan itu Ketum PGI juga menyerahkan bantuan sembako bagi para korban bencana.

Sebagian Desa Tunbaun Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang, tenggelam diterjang Siklon Tropis Seroja yang pada 4-5 April 2021 lalu, tetapi tidak ada korban jiwa.

Longsor yang menerjang sebagian desa itu telah menyebabkan 294 kepada keluarga kehilangan tempat tinggal, tetapi semua warga selamat karena sudah meninggalkan rumah-rumah mereka sebelum terjadi longsor.

Kondisi terparah terjadi di Kampung Nefo yang dihuni lebih dari 400 jiwa karena puluhan rumah penduduk hilang tenggelam.

Banjir dan longsor yang terjadi di desa itu, selain menghancurkan rumah-rumah penduduk, tanaman petani yang sudah siap panen pun semuanya terbawa longsor.

Saat ini para korban masih ditampung di posko bencana Gereja Siloam serta sebagian lagi ditampung di rumah keluarga terdekat. (IN)