Seknas Jokowi Jabodetabek Rawat Tradisi Ramadhan Berkah

Suasana pemberian santunan kepada anak yatim piatu oleh Seknas Jokowi DKI Jakarta dan Botabek, di Sekretariat Seknas Jokowi DKI Jakarta, Rabu (19/4/2023)

Jakarta, innews.co.id – Sejak 2014 silam, secara rutin Seknas Jokowi DKI Jakarta dan Botabek memberikan bingkisan Lebaran kepada anak-anak yatim piatu dan pengurusnya. Hal serupa dilakukan saat perayaan keagamaan lainnya.

“Bagi kami relawan Jokowi bersedekah di hari besar keagamaan menjadi keniscayaan untuk membangun solidaritas dan keguyuban di antara sesama anak bangsa,” kata Monisyah Ketua DPW Seknas Jokowi DKI Jakarta dan Botabek di sela-sela pemberian santunan dan bingkisan Lebaran, di Sekretariat Seknas Jokowi, Jakarta, Rabu (19/4/2023).

Tradisi yang sudah dijalankan sejak 9 tahun silam tersebut hingga kini masih terawat dengan baik. “Kami menyiapkan ratusan bingkisan kepada para pengurus. Ini juga sebagai bentuk rasa syukur dan harapan rekan-rekan pengurus bisa merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah dengan baik,” tambah Jon Sinaga, Sekretaris Jenderal Seknas Jokowi DKI Jakarta dan Botabek.

Menurutnya, bingkisan Lebaran ini juga merupakan bentuk apresiasi dan penghormatan bagi teman-teman yang merayakan Idul Fitri.

Dia menilai, toleransi dan saling menghargai merupakan sikap yang perlu harus ditumbuhkembangkan oleh seluruh warga bangsa. “Kepelbagaian yang ada di Indonesia merupakan suatu kebanggaan yang belum tentu dimiliki oleh negara-negara lain. Tinggal bagaimana kita merawat dan menerjemahkan dengan saling menghargai di keseharian. Apalagi kalau kita lihat sosok Presiden Jokowi terus menggemakan hidup rukun dan toleransi ditengah-tengah bangsa,” tuturnya.

Jon mengingatkan jangan sampai agama justru dijadikan alat politik menggerus yang berbeda pemahaman dan maunya membangun kubu yang sepaham saja. Ini sangat membahayakan.

Jon juga menjelaskan, masa kepengurusannya habis pada Juli 2023 ini. “Kami akan menyerahkan mandat kepada DPP Seknas Jokowi untuk selanjutnya diadakan pemilihan kepengurusan yang baru,” jelasnya. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan