Gelar Munas VII, PERWAMKI Siap Hadirkan Kejutan

Duet Victor Ambarita (kanan) dan David Pasaribu yang menjadi Panitia Pelaksana Munas ke-VII PERWAMKI, juga digadang-gadang menjadi calon kuat Ketua-Sekum PERWAMKI 2023-2026

Jakarta, innews.co.id – Musyawarah Nasional ke-7 Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (PERWAMKI) bakal digelar 7-9 Juni 2023. Rencananya pembukaan acara akan diadakan di Grha PGI di Salemba, Jakarta dan selanjutnya rangkaian persidangan akan digelar di Wisma TNI AL, Ciloto, Bogor.

Sejumlah kejutan bakal hadir pada penyelenggaraan Munas yang merupakan agenda organisasi tiga tahunan tersebut.

“Acara ini rencananya akan dibuka oleh
Direktur Jenderal Bimas Kristen Kementerian Agama RI, Dr. Jeane Marie Tulung, dan akan dihadiri oleh sejumlah pemimpin gereja lintas aras dan tokoh Kristiani,” kata David Pasaribu, Ketua Panitia Penyelenggara, yang digadang-gadang bakal menjadi Sekretaris Umum Perwamki periode 2023-2026 mendampingi Victor Ambarita yang diusung sebagai Calon Ketua Perwamki, dalam keterangan persnya yang diterima innews, Minggu (1/7/2023).

Sementara itu, Ketua Perwamki 2020-2023, Margianto menjelaskan, tampil sebagai keynote speech pada Pembukaan Munas Perwamki, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang akan memberikan pencerahan dibawah sorotan tema “Peran Pers Sebagai Pilar Keempat Demokrasi, Tangkal Hoaks di Tahun Politik”.

“Kami berharap penyelenggaraan Munas bisa berjalan dengan lancar dan pasti ada kejutan terjadi nanti,” ujarnya tanpa menjelaskan lebih rinci.

Dikatakannya pula, tema Munas ke-7 kali ini adalah “Kebenaran Meninggikan Derajat Bangsa, Menjadi Terang Ditengah Kegelapan”.

Margianto memaparkan, “Perwamki menjunjung tinggi kebenaran karena diyakini mampu mengangkat derajat bangsa Indonesia. Perwamki juga bertekad melawan segala bentuk hoaks, apalagi memasuki tahun politik. Disinilah peran jurnalis Kristiani untuk menjadi terang dalam kegelapan”.

Dirinya juga menepis anggapan pihaknya mendukung Prabowo Subianto. “Kami mengundang beliau dalam kapasitas sebagai Menhan, dalam hal ini mewakili pemerintah. Terkait rencana beliau untuk pencapresan, sejauh ini belum ada ketetapan dari penyelenggara Pemilu 2024,” jelasnya.

Dirinya menegaskan, terkait Pilpres, Perwamki dalam posisi netral, sesuai dengan AD/ART Perwamki.

Di sisi lain, Victor Ambarita Sekretaris Panpel mengatakan, sejauh ini persiapan Munas sudah 100%. “Kami berharap rekan-rekan bisa mensukseskan acara ini,” ujar pria yang dikenal begitu visioner dan organisatoris tulen sejak mahasiswa ini.

Soal dirinya digadang-gadang untuk memimpin Perwamki, Victor yang juga Wakil Ketua Umum Lokus Adat Budaya Batak (LABB) ini enggan berkomentar jauh.

“Kami sangat mendukung rekan Victor untuk memimpin Perwamki. Pelaksanaan Munas ke-7 ini juga merupakan buah dari tangan dingin rekan Victor bersama David sebagai Panpel. Duet ini cocok memimpin Perwamki,” kata Parulian Tambun, salah satu jurnalis media online ini.

Dukungan serupa juga mengalir dari sejumlah anggota Perwamki lainnya. “Setuju banget kalau duet Victor-David yang meneruskan kepemimpinan di Perwamki. Kita doakan yang terbaik,” ujar para anggota bersepakat.

Namun, siapapun yang akan terpilih memimpin, utamanya adalah Perwamki selalu kompak dan solid dengan program-program yang tepat sasaran, baik bagi para insan media maupun komunitas Kristiani di Tanah Air. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan