Indonesia Dorong Kawasan Pasifik Jadi Sentra Ekonomi Baru Dunia

Theofransus Litaay Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP)

Jakarta, innews.co.id – Indonesia berperan besar dalam mendorong Kawasan Pasifik untuk jadi pusat pertumbuhan ekonomi baru dunia. Upaya ini terus dilakukan oleh Presiden Jokowi melalui sejumlah pertemuan bilateral terhadap negara-negara di kawasan tersebut.

“Pertemuan trilateral (3 negara) yang diinisiasi Presiden Jokowi, di San Fransisco, Amerika Serikat, 16 November 2023 lalu, antara Presiden Republik Indonesia dengan Perdana Menteri Papua New Guinea Pak James Marape dan Perdana Menteri Fiji Sitiveni Rabuka, menunjukkan komitmen kuat Indonesia untuk memajukan kawasan Pasifik,” kata Theofransus Litaay Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), dalam siaran persnya yang diterima innews, di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Selain pertemuan 3 negara itu, saat ikut KTT APEC atau Asia Pacific Economic Cooperation, Presiden menempatkan kerjasama Asia Pasifik ke dalam satu fokus baru. “Ini merupakan suatu sikap yang semakin maju dalam politik luar negeri Indonesia untuk menghadirkan kerjasama pembangunan di wilayah Pasifik. Juga mendorong Pasifik menjadi sentra baru atau konsentrasi baru dalam politik luar negeri Indonesia,” jelas Theo.

Hal tersebut juga menunjukkan bahwa kita membuka peluang-peluang pembangunan bagi kawasan Timur Indonesia.

Theo menegaskan, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah pemerintah daerah di Indonesia yang berbatasan dengan Pasifik mulai mengembangkan program-program kerjasama dengan negara-negara di wilayah pasifik. Dicontohkan, kerjasama Indonesia-Papua New Guinea dalam pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur ekonomi, dan perdagangan. Lalu, Indonesia dengan Fiji dalam kerjasama pariwisata perikanan dan lainnya.

Dikatakan, Indonesia juga mendukung pembangunan di negara-negara pasifik lainnya seperti Cook Island, Vanuatu dan lainnya dalam konteks kerjasama pembangunan ekonomi sosial kebudayaan dan pendidikan serta sektor lainnya.

“Ini merupakan peluang baru yang perlu kita manfaatkan sebagai masyarakat di kawasan timur Indonesia untuk masuk ke dalam kerjasama Indonesia dan Pasifik,” seru Theo.

Kehadiran Presiden Jokowi pada Sail Teluk Cenderawasih 2023, di Biak, 22-23 November 2023, salah satunya juga untuk meningkatkan potensi kemaritiman Indonesia di Pasifik. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan