Ketum KADIN DKI: Akan Ada Rekayasa Lalu Lintas Saat KTT ASEAN, Pengusaha Harus Bersiap

Diana Dewi, Ketua Umum KADIN DKI Jakarta

Jakarta, innews.co.id – Penyelenggaraan KTT ASEAN di Jakarta, tinggal beberapa hari lagi, tepatnya 2-7 September 2023. Telah disusun rekayasa lalu lintas. Hal tersebut harus dipahami oleh para pengusaha di Ibu Kota.

“Saya mengikuti rapat dengan Penjabat Gubernur DKI Jakarta terkait adanya rekayasa lalu lintas yang dilakukan guna melancarkan pelaksanaan KTT ASEAN, 2-7 September 2023 nanti,” kata Diana Dewi, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi DKI Jakarta, dalam keterangan persnya, di Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Diana menjelaskan, ada 29 ruas jalan yang dilalui oleh peserta KTT ASEAN, di mana di ke-29 ruas tersebut nantinya akan diberlakukan sistem buka tutup melihat situasi yang berkembang. Juga ada penutupan sepanjang Jalan Sudirman dua arah, terkhusus saat acara di Hutan Kota Plataran Gelora Bung Karno, mulai Pukul 18.00 – 22.00 WIB. Khusus untuk rute TransJakarta yang melintasi ke-29 rute delegasi tetap berjalan normal.

Disebutkan, ke-29 ruas jalan yang akan dilalui oleh para delegasi yakni:

  1. Jl. Sudirman
  2. Jl. M.H. Thamrin
  3. Jl. Gatot Subroto
  4. Jl. Imam Bonjol
  5. Jl. HOS Cokroaminoto
  6. Jl. Galunggung
  7. Jl. R.M. Margono Djojohadikusumo
  8. Jl. Karet Pasar Baru Timur 5
  9. Jl. K.H. Mas Mansyur
  10. Jl. H.R. Rasuna Said
  11. Jl. Karet Pasar Baru Timur 2
  12. Jl. Karet Pasar Baru Timur 3
  13. Jl. Prof. Dr. Satrio sisi Barat
  14. Jl. Kebon Sirih
  15. Jl. Wahid Hasyim
  16. Jl. Gerbang Pemuda
  17. Jl. Pintu Satu Senayan
  18. Jl. Asia Afrika
  19. Jl. Sisingamangaraja
  20. Jl. Pattimura
  21. Jl. Trunojoyo
  22. Jl. Gunawarman
  23. Jl. Majapahit
  24. Jl. Ir. Juanda
  25. Jl. Veteran III
  26. Jl. Medan Merdeka Barat
  27. Lingkar Mega Kuningan
  28. Jl. Lingkar SCBD
  29. Jl. Setia Budi Tengah

Diana menambahkan, warga Jakarta harus tahu rekayasa lalu lintas yang ajan diberlakukan nanti. Demikian juga kalangan pengusaha agar bisa menghitung kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan pada kurun waktu tersebut efektif dan efisien.

“Para pengusaha harus mempertimbangkan untuk tidak melalui jalan-jalan yang akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Saya meminta untuk semua pelaku usaha dapat menyesuaikan kondisi ini selama acara KTT ASEAN berlangsung,” seru owner Toko Daging Nusantara ini.

Salah satu rute alternatif yang telah disusun yakni:

  1. Lalu lintas dari Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat melalui Jl. Kyai Maja – Jl. Kebayoran Baru – Jl. Arteri Pd. Indah – Berputar di U-turn depan Gandaria City – Jl. Teuku Nyak Arief – Jl. Tentara Pelajar-dst.

  2. Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jl. Medan Merdeka Barat – Jl. Budi Kemuliaan – Jl. Abdul Muis – Jl. Fahrudin – Jl. K.H. Mas Mansyur – Jl. Penjernihan – Jl. Pejompongan – Jl. Tentara Pelajar – Jl. Teuku Nyak Arief – Jl. Kebayoran Baru – Jl. Kyai Maja – Jl. Panglima Polim-dst.

  3. Lalu lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui Jl. Kapten Tendean – Jl. Wolter Monginsidi – Jl. Trunojoyo – Jl. Kyai Maja – Jl. Kebayoran Baru – Jl. Arteri Pd. Indah – Berputar di U-turn depan Gandaria City Jl. Teuku Nyak Arief – Jl. Tentara Pelajar – Jl. S.Parman-dst.

  4. Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jl. S. Parman – Jl. Pejompongan – Jl. Penjernihan – Jl. R.M. Margono – Jl. Galunggung – Jl. Dr. Saharjo – Jal. Prof Dr. Soepomo – Jl. MT. Haryono-dst.

Diana juga berharap pelaksanaan KTT ASEAN bisa berjalan lancar dan sukses dengan tingkat keamanan yang maksimal. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan