Ketum KADIN DKI Harap ABIS Bisa Angkat Pengusaha Kecil Jadi Besar

Dian Dewi, Ketua Umum KADIN DKI Jakarta tampak berada ditengah-tengah para pengusaha saat pembukaan ASEAN Business and Investment Summit (ABIS) 2023, di Istana Negara, Jakarta, Jum'atb(1/9/2023)

Jakarta, innews.co.id – ASEAN Business and Investment Summit (ABIS) 2023 diharapkan bisa membantu pengusaha-pengusaha kecil menjadi besar. Dengan begitu, maka dunia usaha di Indonesia khususnya dan kawasan ASEAN pada umumnya semakin maju lagi.

Harapan itu disampaikan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta, Diana Dewi, dalam keterangan persnya, di Jakarta, Sabtu (2/9/2023), di mana sebelumnya ia mengikuti Pembukaan ABIS 2023 yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Jum’at (1/9/2023) sore.

Presiden Joko Widodo tengah memberi sambutan dihadapan para pengusaha

“ABIS memberi harapan, terkhusus kepada pelaku usaha kecil dan menengah untuk terus mengembangkan usaha, tidak hanya di domestik Indonesia, tapi juga bisa merambah ke lingkup ASEAN,” kata Diana lagi.

Menurutnya, ABIS 2023 merupakan momentum untuk melihat peluang-peluang usaha yang bisa dikembangkan, baik secara mandiri maupun berkolaborasi dengan para pengusaha di regional ASEAN.

Hal ini sejalan dengan apa yang telah dilakukan KADIN DKI Jakarta beberapa waktu lalu yang menggagas pertemuan antara pengusaha-pengusaha di Jakarta dengan rekannya di Thailand dan Vietnam.

Diana Dewi (tengah) berada di lingkungan Istana Negara, Jakarta

KADIN DKI menginisiasi pertemuan dengan para pengusaha tersebut, lanjut Komisaris Independen PT Angkasa Pura Supports ini, merupakan bagian dari upaya memperkenalkan para pelaku usaha, dengan harapan kedepan bisa memantapkan langkah membuka usaha di luar negeri.

“Saat ini, kolaborasi menjadi kata kunci dalam mengembangkan suatu usaha. Tanpa itu, rasanya sulit untuk berkembang,” ucap Founder dan CEO PT Suri Nusantara Jaya Group ini.

Dari sejumlah pertemuan dengan pengusaha-pengusaha mancanegara, Diana melihat animo untuk melebarkan sayap bisnisnya di antara pengusaha Indonesia dengan mitranya dalam business matching begitu besar.

Untuk itu, dalam ABIS 2023 ini, Diana berharap agar menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi dan meningkatkan di negara-negara ASEAN. “Melalui ajang ini, saya berharap akan semakin banyak negara-negara di ASEAN yang berinvestasi di Indonesia. Selain itu juga dalam rangka mewujudkan roadmap Indonesia Emas 2045. Di mana untuk itu dibutuhkan hubungan yang kuat dan saling mendukung,” tukasnya.

Para pengusaha bersama Presiden RI Joko Widodo

Diana yang juga owner Toko Daging Nusantara ini menjelaskan, dengan saling berkolaborasi dan saling menutupi kekurangan negata masung-masing, insya Allah negara anggota ASEAN semuanya akan menjadi negara maju,” seru Diana.

Tak hanya itu, Diana yang juga Bendahara Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Provinsi DKI Jakarta ini mendukung para pengusaha kecil menjadi besar dan yang sudah besar bisa tambah luas lagi,” harapnya.

“KADIN DKI jelas mendukung setiap rangkaian pertemuan ASEAN Summit 2023 ini. Kiranya bisa berjalan lancar dan menghasilkan keputusan-keputusan yang juga berpihak pada pengusaha-pengusaha kecil,” pungkasnya. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan