Di Rapimnas IV, KADIN DKI Bakal Beri Penghargaan Bagi Korporasi Pecinta Lingkungan

Jakarta, innews.co.id – Praktik bisnis berkelanjutan harus dibarengi dengan pelestarian lingkungan. Komitmen pelestarian lingkungan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kemajuan dunia usaha.

Guna mendukung hal tersebut, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Provinsi DKI Jakarta akan mengadakan ‘Anugerah Lingkungan Hidup 2023’, di mana akan diberikan penghargaan kepada korporasi yang secara konsisten peduli terhadap lingkungan.

“Penghargaan ini akan diberikan bersamaan saat Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) IV 2023 KADIN DKI Jakarta di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa, 21 November 2023 nanti,” kata Ketua Umum KADIN DKI Jakarta, Diana Dewi, dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta Diana Dewi

Kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta ini juga merupakan rangkaian dari ulang tahun KADIN DKI Jakarta ke-56. “Kami mendorong seluruh korporasi di Ibu Kota untuk menaruh kepedulian terhadap lingkungan. Bagaimana menciptakan lingkungan yang nyaman, sehat, dan mampu menunjang keberlangsungan usaha. Salah satunya dengan menciptakan green space (ruang hijau), yang sangat berguna untuk menekan polusi dan pencemaran lingkungan,” ujar Diana.

Diana Dewi menegaskan, “KADIN DKI Jakarta menyadari bahwa menjaga kelestarian lingkungan Kota Jakarta merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kemajuan dunia usaha. “Perhatian pada aspek lingkungan dan keberlanjutan juga bukan hanya melulu soal kewajiban etis terhadap bumi, tetapi tentang keberlanjutan bisnis jangka panjang”.

Anugerah Lingkungan Hidup KADIN DKI Jakarta 2023 juga diharapkan mampu mendorong pelaku usaha untuk mempraktikkan bisnis berkelanjutan dan memperkuat kolaborasi antara pemerintah, swasta, serta masyarakat dalam mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik.

“Dengan mengintegrasikan kepedulian terhadap lingkungan ke dalam model bisnis, Jakarta diharapkan dapat tumbuh menjadi pusat bisnis global yang berkelanjutan. Kota Jakarta juga akan tumbuh lebih kuat dari segi ekonomi, sosial, dan lingkungan,” imbuhnya.

KADIN DKI Jakarta berharap penyelenggaraan Anugerah Lingkungan Hidup 2023 ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, perusahaan dan lembaga terhadap pentingnya pelestarian lingkungan hidup.

Untuk menentukan nominasi dari setiap sektor, KADIN DKI Jakarta melakukan penilaian terhadap kegiatan usaha yang menjadi lingkup pengawasan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku di Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta Asep Kuswanto mengapresiasi langkah KADIN DKI Jakarta untuk menggelar Anugerah Lingkungan Hidup 2023. Kolaborasi KADIN DKI Jakarta dengan Pemprov DKI Jakarta diharapkan mampu membuat iklim usaha di Jakarta lebih memperhatikan soal keberlanjutan.

“Ini kolaborasi yang luar biasa antara Pemprov DKI Jakarta dengan dunia usaha yang menghasilkan suatu upaya baik guna mewujudkan keberlanjutan dan mendorong Jakarta sebagai Kota Bisnis Global,” kata Asep Kuswanto.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Rapimprov IV 2023 KADIN DKI Jakarta Andi Anzhar Cakra Wijaya menjelaskan, Anugerah Lingkungan Hidup KADIN DKI 2023 mengambil tema “Komitmen Berkelanjutan”.

Tema ini, kata Andi, terinspirasi dari Pohon Trembesi yang sarat dengan manfaat dan memiliki makna yang dalam. Karenanya, Anugerah Lingkungan Hidup KADIN DKI Jakarta 2023 menjadikan Pohon Trembesi sebagai logo. Bahkan piala pada ajang bergengsi ini berbentuk replika pohon trembesi. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan