Rapat Kerja Nasional IV KMDT di Balige Bakal Dihadiri Presiden Jokowi dan 3 Bacapres

Edison Manurung Ketua Umum DPP KMDT (kiri) bersama Firli Bahuri (Ketua KPK)

Jakarta, innews.co.id – Penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) rencananya bakal dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, di Hotel Labersa, Balige, Tapanuli Utara, 29-30 September 2023.

“Ini merupakan Rakernas IV KMDT yang akan membahas isu-isu dan program-program strategis, utamanya bagaimana memparipurnakan pembangunan Danau Toba sebagai destinasi wisata prioritas. Ini merupakan legacy yang ditinggalkan Presiden Jokowi, bagi warga Batak, tidak hanya di bona pasogit, tapi juga di seluruh dunia,” ungkap Edison Manurung, Ketua Umum DPP KMDT, dalam keterangan persnya yang diterima innews, di Jakarta, Rabu (28/6/2023).

Edison Manurung Ketua. DPP KMDT usai bertemu dengan Andi Widjajanto Gubernur Lemhanas RI

Edison yang juga dikenal sebagai Tokoh Batak dan mantan Pengurus DPP KNPI dua periode ini mengatakan, pihaknya sudah menyurati dan memohon kesediaan Presiden Jokowi untuk dapat membuka Rakernas tersebut. “Segenap Pengurus KMDT dari Sabang sampai Merauke tentu berharap Pak Presiden bisa hadir sekaligus membuka Rakernas KMDT nanti,” ujar pria yang pernah tampil sebagai pembicara di Sidang Umum. PBB, di New York ini.

Tak hanya itu, sejumlah Pimpinan Lembaga Negara dan Menteri Kabinet Indonesia Maju II juga direncanakan akan hadir. “Rakernas nanti juga akan dihadiri oleh Firli Bahuri Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Andi Widjojanto Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno,” beber mantan Staf Khusus Ketua DPD RI Oesman Sapta (2017-2019) ini.

Pada Rakernas nanti, sambung Edison, akan dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara KMDT dengan KPK dan Lemhanas. “MoU dengan KPK sebagai bukti komitmen KMDT sebagai komponen masyarakat untuk memberantas korupsi. Sementara dengan Lemhanas, di mana kedepan KMDT akan mengirimkan pengurus dan anggotanya untuk mengikuti pendidikan Lemhanas di Jakarta,” terangnya.

Yang tak kalah menariknya, pada Rakernas IV nanti juga akan dihadiri oleh 3 bakal calon Presiden RI yakni, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. “Kami memang mengundang ketiga Bacapres tersebut. Tujuannya, supaya ketiga Bacapres nanti, siapapun yang akan terpilih bisa memiliki komitmen mengembangkan Danau Toba yang telah dimulai oleh Presiden Jokowi,” seru Edison.

Dikatakannya, Rakernas IV nanti akan dihadiri oleh Pengurus KMDT dari seluruh Indonesia. “Ini menjadi momentum penting untuk mengaungkan Danau Toba ke seluruh dunia, disamping tentu akan menggerakan perekonomian masyarakat lokal,” tukasnya.

Kedepan, KMDT akan lebih memassifkan program-programnya, baik terkait Danau Toba maupun pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM). “Kita mau Danau Toba benar-benar menjadi destinasi wisata nomor wahid di dunia. Kami akan jadikan danau vulkanik raksasa terbesar di dunia itu dengan slogan ‘Enjoy Danau Toba’,” pungkas Edison. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan