Resmikan Media Center, PGI Support Kinerja Jurnalis

Ketua Umum PGI Pdt Gomar Gultom meresmikan Media Center PGI di Grha Oikumene, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2024)

Jakarta, innews.co.id – Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) paham betul akan pentingnya kehadiran para jurnalis dari berbagai media, baik online, cetak, maupun elektronik. Untuk itu, secara khusus payung sinode gereja se-Indonesia tersebut menyediakan media center guna menjadi base camp para jurnalis yang meliput kegiatan-kegiatan PGI.

Media center PGI diresmikan langsung oleh Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom didampingi Sekum PGI, Pdt. Jacky Manuputty, dan Direktur Urusan Agama Kristen Kementerian Agama RI Pdt. Dr. Amsal Yowei, di Kantor PGI, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2024). Tampak hadir jajaran pimpinan PGI, perwakilan lembaga Kristen, dan para jurnalis dari berbagai media.

Berada di Lantai 1 Grha Oikumene, media center dilengkapi dengan Wifi, komputer, dan sarana pendukung lainnya.

Ketum PGI mengatakan, Media Center PGI akan menjadi pusat sumber berita bagi para awak media guna mendukung publikasi bagi seluruh kegiatan PGI. Selain itu juga menjadi tempat diskusi dan berbagi informasi, utamanya saat ini PGI tengah mempersiapkan diri menggelar Sidang Raya di Toraja, Sulawesi Selatan, November 2024.

Sementara itu Sekum PGI menegaskan, PGI mendukung kegiatan dari para jurnalis dalam membentuk dan mengembangkan berbagai pemberitaan, baik untuk lingkup umat Kristen maupun masyarakat umum. “Silahkan nanti ruangan difungsikan dengan baik. Meski tidak luas, tapi kami menyediakan Wifi, komputer dan sarana pendukung lainnya,” terang Pdt. Jacklyn F. Manuputty.

Lebih jauh Ketua Umum Persatuan Wartawan Media Kristen Indonesia (Perwaki) Stevano Margianto menyambut baik inisiatif PGI menghadirkan media center ini.

“Kehadiran media center ini menjadi tanda PGI sebagai salah satu gereja aras nasional sangat memperhatikan dan peduli terhadap wartawan yang sering melakukan peliputan dan mendukung kinerja PGI,” kata Margianto.

Dia menambahkan, keberadaan media center sangat penting untuk kelancaran tugas-tugas jurnalistik yang dituntut dengan pemberitaan cepat di era digital ini. Dirinya meminta jadwal kegiatan PGI per minggu/bulan bisa dipampang di media center sehingga dapat diketahui para wartawan.

Dirinya yakin, kedepan komunikasi PGI dengan wartawan semakin terjalin baik. “Kepada rekan-rekan jurnalis saya berharap, dalam beraktifitas di media center agar tetap mengikuti aturan PGI, terutama terkait jam kerja setiap harinya. Dan yang paling penting adalah, mari kita sama-sama jaga dan rawat fasilitas media center tersebut dengan baik. Jadikan media center PGI sebagai tempat bersilahturahmi, diskusi yang sehat, guyub, rukun, antar sesama wartawan tanpa dibatasi sekat-sekat organisasi,” seru Margianto.

Senada dengan Ketum Perwamki, Yusuf Mujiono Ketua Umum Persatuan Wartawan Nasrani (Pewarna) Indonesia mengaku bersyukur dengan adanya media center tersebut.

“Dengan media center ini, rekan-rekan jurnalis bisa lebih mengeksplorasi diri, membuat suatu diskusi atau mengungkap berita-berita, baik terkait dengan kondisi ke-Kristenan maupun bangsa ini. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi kami untuk lebih luas lagi memberitakan kegiatan-kegiatan PGI,” pungkasnya. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan