Surati Komnas HAM, OC Kaligis Minta Lukas Enembe Dirawat Dokter Pribadi

Prof OC Kaligis, advokat senior

Jakarta, innews.co.id – Upaya memperjuangkan Lukas Enembe terus dilakukan Tim Penasihat Hukum mantan Gubernur Papua itu. Secara khusus OC Kaligis dari TPHLE menyurati Komisi Nasional Hak Asasi Manusia. (Komnas HAM) untuk memfasilitasi permohonan terakhir Lukas Enembe agar dapat diperiksa dan dirawat oleh dokter pribadinya, Fancisco Salcido Ochoa di Singapura.

“Keputusan menyurati Komnas HAM diambil setelah keluarga Pak Lukas bersama tim pengacara berkumpul di ruang rawat Enembe di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, membahas perkembangan terakhir kondisi Enembe yang semakin memburuk,” kata OC Kaligis, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (30/10/2023).

Dikatakannya, saat ini kondisi Lukas semakin memburuk dan kian mengkhawatirkan.

OC Kaligis menuturkan, dalam pandangan kami sebagai orang awam, melihat sakit komplikasi yang diderita Lukas, bukan tidak mungkin bila tidak segera ditangani secara serius, maka bisa berdampak buruk. “Kondisinya sudah melemah. Hal terburuk bisa terjadi setiap saat. Hanya mukjizat yang bisa membuat Pak Lukas sembuh,” ungkap advokat senior ini.

Dia menegaskan, atas dasar kemanusiaanlah, TPHLE berupaya maksimal memenuhi keinginan terakhir Lukas yakni, ingin diperiksa Fancisco Salcido Ochoa, dokter pribadinya di Singapura yang sangat dipercayainya.

“Kenapa Novel Baswedan diizinkan berobat ke Singapura, sementara Lukas tidak? Bukankah hal serupa harusnya juga bisa berlaku bagi Pak Lukas?” tanya OC Kaligis.

Kalau hal tersebut bisa dipenuhi, OC Kaligis memastikan, Lukas akan didampingi oleh Komnas HAM dan KPK, dengan biaya yang ditanggung oleh keluarga Lukas.

Ditambahkannya, surat yang dilayangkan ke Komnas HAM tersebut merupakan upaya terakhir untuk memenuhi keinginan Lukas berobat dengan dokter pribadinya. “Sudah kami kirim (suratnya) ke Komnas HAM,” tukasnya. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan