Sambut HUT RI ke-78, IKADIN Pertegas Sebagai Organisasi Pejuang Dengan Semangat Kebersamaan

Segenap advokat yang terhimpun dalam IKADIN mengadakan acara Perayaan Menyambut HUT RI ke-78, di Taman Softball, GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (12/8/2023)

Jakarta, innews.co.id – Ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 memiliki makna tersendiri bagi Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin), salah satu wadah para advokat tertua di Indonesia. Dengan tema ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’ seolah ikut mempertegas komitmen Ikadin yang sejak awal telah menjadi organisasi advokat pejuang ini.

Pembukaan lomba ditandai dengan balap kelereng yang diikuti para petinggi IKADIN

“Advokat harus menjadi bagian penting dalam mengisi kemerdekaan, terutama memperjuangkan keadilan dan hak-hak hukum bagi masyarakat luas,” kata Adardam Achyar, Ketua Umum Ikadin, kepada awak media, pada acara Perayaan Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 yang diadakan Ikadin bersama Women Lawyers Ikadin, di Taman Softball, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (12/8/2023).

Prof Otto Hasibuan Ketua Dewan Penasihat IKADIN didampingi Adardam Achyar Ketua Umum DPP IKADIN dan jajaran pengurus lainnya

Adardam menegaskan, advokat harus dapat mendukung pembangunan bangsa dan negara, sebagaimana tujuan berdirinya bangsa ini, terutama dari sisi penegakkan hukum, dengan semangat kebersamaan

Sementara itu Prof Otto Hasibuan Ketua Dewan Penasihat Ikadin mengapresiasi penyelenggaraan acara ini. “Acara ini merupakan salah satu upaya membangun kebersamaan. Harus selalu diingat bahwa kita semua ada brotherhood dan sisterhood. Kita semua bersaudara,” serunya.

Lomba makan kerupuk yang diikuti para advokat perempuan

Dia juga berterima kasih atas peran Ikadin dalam membentuk Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) yang menjadi amanat dari Undang-Undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat. “Ini menjadi bukti bahwa Ikadin konsisten dan komitmen untuk memperjuangkan wadah tunggal advokat (single bar),” serunya.

Prof Otto juga mengajak seluruh anggota Ikadin untuk bersama-sama menampilkan wajah advokat yang bukan hanya cerdas dan berintelektualitas, tapi juga berintegritas dan loyal terhadap organisasi. “Kita punya harapan agar advokat Indonesia bisa lebih baik lagi kedepannya,” tukasnya.

Lomba balap karung yang berlangsung penuh keseruan

Pada perayaan tersebut ditampilkan sejumlah kegiatan seperti fun walk dan senam pagi bersama. Juga berbagai lomba antara lain, tarik tambang, makan kerupuk, balap kelereng, dll serta bazaar dari sejumlah UKM, dengan panggung besar yang menampilkan hiburan.

Tarik tambang putra begitu meriah dengan dukungan supporter masing-masing

Terkait kehadiran Women Lawyers IKADIN, Riri Purbasari Dewi, Bagian Humas DPP Ikadin menjelaskan, ini merupakan event pertama yang diadakan oleh Women Lawyers Ikadin. “Ini menjadi cermin bahwa Ikadin memberi ruang luas, dukungan dan kepercayaan tinggi terhadap lawyer perempuan untuk maju dan berprestasi,” ucapnya.

Selain itu, Ikadin memberi ruang untuk UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) untuk berjualan/mengisi bazaar dengan tanpa dipungut bayaran. “Ikadin siap mendukung Program Pemerintah untuk mendorong UMKM agar maju dan berkembang dengan baik dalam rangka menyiapkan solusi ekonomi atas dugaan adanya ancaman resesi di 2023 dan tahun-tahun berikutnya sehingga diharapkan dapat teratasi dengan baik,” tukasnya.

Para peserta tampak gembira dihibur alunan musik

Selain jajaran pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikadin, juga sejumlah cabang seperti Bandung, Surabaya, Bekasi, Palembang, Semarang, Jakarta, dan sebagainya. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan