Jakarta, innews.co.id – Upaya mengangkat produk-produk UMKM Indonesia dilakukan oleh Epic Market Kriya Nusantara. Sebagai pembuka, digelar Bazar Pesta Kriya Nusantara di Attaqwa Sriwijaya Hall, Kebayoran Baru, Jakarta, 2-4 Juni 2025. Selain bazar, juga akan diadakan Personal Color on stage, line dance mob dan talkshow dengan tema ‘Recharge & Renew Yourself’, menampilkan Dr. Maria Theresia Widyastuti.
Acara tersebut dibuka oleh Sri Suparni Bahlil, istri Menteri ESDM, bersama Dewi Motik Founder IWAPI, Dewi Bambang Soesatyo Ketua Panitia, dan Iko Suhendar Founder Epic Market dengan pemotongan pita bersama yang dihadiri sejumlah istri Menteri Kabinet Merah Putih.

Dalam sambutannya, Sri Suparni Bahlil mengapresiasi bazar yang disponsori oleh Shabu Kojo Premium dan Wardah ini sebagai upaya mengangkat produk-produk fashion Nusantara dan kuliner.
Sementara itu, Ketua Panitia Dewi Bamsoet menjelaskan, bazar kali ini diikuti hampir 50 pelaku UMKM, dengan berbagai produk unggulannya.
“Kegiatan perdana ini merupakan upaya dari Epic Market Kriya Nusantara untuk memasarkan produk-produk binaannya,” kata Co Founder Epic Market KN Indah K. Iskandar, usai pembukaan acara.
Dijelaskan, sebelum bazar produk-produk UMKM tersebut telah dikurasi agar bisa menampilkan yang terbaik (premium). “Market di Indonesia sangat baik. Namun, kita juga tertantang untuk membawa produk-produk tersebut ke pasar internasional,” jelasnya.

Sejumlah produk yang ditampilkan antara lain, fashion, tas, pernak-pernik, dan kuliner. “Untuk makanan juga kita kurasi agar tersaji makanan sehat, higienis, dan halal,” tuturnya.
Sementara itu, Founder Epic Market KN, Iko Suhendar menjelaskan, rencananya wadah ini akan mengadakan kegiatan-kegiatan setidaknya empat kali dalam setahun.
“Alhamdulillah, kita mendapat tawaran untuk melakukan bazar di berbagai kementerian dan lembaga. Kita juga berencana mengadakan bazar di sejumlah KBRI di luar negeri,” urainya.

Ditambahkannya, kedepan pihaknya akan ikut serta pada event-event, baik di daerah-daerah maupun luar negeri. “Kami yakin, seluruh Pemda di Indonesia sangat mendukung kemajuan UMKM di daerah masing-masing. Tinggal bagaimana kita kolaborasi agar mencapai tujuan bersama,” imbuhnya.
Baik Iko maupun Indah berharap, Epic Market bisa membantu pemerintah dalam mendongkrak UMKM di Indonesia agar lebih berkembang lagi pemasarannya.

“Dalam waktu dekat kami coba menggagas acara khusus bagi anak-anak muda bertepatan dengan HUT Kota Jakarta ke-498. Kami ingin generasi muda mencintai produk-produk Nusantara dan berbagai karya anak bangsa,” tukasnya. (RN)